Pada Akhirnya Kau Akan Pulang pada Tulisan Itu (*)


“… pada akhirnya kau akan pulang pada tulisan itu.”

Dekat danau Unhas, kegiatan workshop kepenulisan komunitas Paccarita sedang berlangsung. Saya mendapatkan deret kata itu dari Kak Lisa, penulis buku Motivasi Hidup yang menjadi salah satu pemateri pada kegiatan itu.

Saya mencandui kata pulang dan tulisan seperti orang yang dehidrasi sehabis main bola. Kira-kira sakaunya seperti kerongkongan yang butuh disiram air tapi gelas masih kosong dan tak berisi.

Pulang pada tulisan itu. Benar, semua paragraf, entah pesan apa yang dikandung dalamnya, seharusnya adalah rumah bagi orang yang menulis, juga yang membacanya. Suatu jeda untuk beristirahat. Suatu cermin yang bisa memantulkan kamu yang sebenarnya. Yah karena tulisan tidak sekedar puisi yang manis, ia juga adalah kejujuran yang pahit.

Maka seharusnya saya menulis sebanyak-banyaknya. Karena saya tidak tau di tulisan mana kau akan mengetuk pintu rumahku. Ah saya selalu berharap, ada suatu tulisan yang bisa menarikmu menyelam ke dasar. Lalu kita bertemu. Saya selalu ada di setiap tulisanku bukan? Hanya menunggumu datang menjenguk.

Emm.. nanti, kalau kau benar-benar datang ke tulisanku yang entah, kau mau  dijamu apa? Ah kau juga bisa beristirahat, melepaskan beban yang menjadi hitam di kantung matamu. Atau kau mau bermain layangan denganku?

Ya, maka mulai saat ini saya akan lebih tekun menulis. Bukannya malah mengaborsi calon cerita yang ku buat. hehehe. Yup, saya akan menulis apa saja. Menuliskanmu juga tentu saja. Sembari berbekal keyakinan akan ada suatu hari kau akan pulang pada tulisan itu.

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Pada Akhirnya Kau Akan Pulang pada Tulisan Itu (*)

  1. “… pada akhirnya kau akan pulang pada tulisan itu.”

    dalem sekali ama.ibarat jejak, suatu ketika kita akan melacaknya untuk mencari jalan pulang >.<

    1. saya cuma belajar menulis lagi kak. senang ada kakak cahaya yang meninggalkan jejak di tulisan ini 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s