Terlewatkan


Kenapa kau sangat beruntung?

Ada seseorang yang tidak sengaja melewatkanmu. Tidak tau kalau ada kau yang ternyata bersembunyi di jalan yang itu. Tidak mengenalimu (karena memang dia belum tau). Demi orang itu yang belum sadar kau akan menjadi siapa di hidupnya kelak, kenapa dia harus menyesal?

Kenapa kau sangat berbahagia?

Bukan, bukan berarti aku tidak menginginkan kau untuk bahagia, hanya saja: itu kamu kan yang dilewatkan? Mengapa harus orang itu yang menanggung duka melalaikanmu? Bahkan dia, dia tidak melalaikanmu (tadi aku salah memilih padanan kata)! Dia hanya tidak memperhatikan dengan baik jalan-jalan yang ia lalui, kejadian-kejadian yang ia lakoni. Lantas kenapa orang itu yang harus meminta maaf karena tidak menemukanmu?

Kenapa kau membuatnya merasa bersalah?

Kalau kau sudah tau orang itu berjalan terlalu jauh sampai ia tidak mendapatimu, kenapa kau tidak memanggilnya? Apa kau kehabisan suara? Mengapa kau hanya melihatnya mengambil jarak yang semakin jauh? Kau mestinya berlari ke tempatnya. Katakan, “Hei, saya ada disini!” Tapi kenapa kau tak melakukannya? Padahal kau tidak akan kehilangan banyak energi dengan melakukan itu…

Karena orang itu sangat menyayangkanmu hingga saat kau tak ia temukan, ia menyusuri kembali jalan pulang dengan penuh hati-hati. Mengejarmu ke semua tempat yang mungkin ada kau disana. Memeriksa tiap jengkal perjalanan dengan lebih teliti. Dan karena ia sadar ia pasti melewatkanmu entah di belokan yang mana ia lantas menangis. (padahal dia bisa saja acuh, tapi tidak)

Kenapa kau membuatnya terpuruk?

 

 

(Kenapa aku harus sangat menyayangimu?)

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Terlewatkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s