Perempuan Itu yang Mencintaimu Begitu Banyak, Sama Sepertiku…


Aku pernah tahu, selain aku yang merasa sangat menyayangimu, di sudut kotaku yang lain ada juga satu perempuan yang sama sepertiku, diam-diam dalam kesenyapan yang paling hening, mengharapkan ada kau yang kemudian meminta kami menjadi perempuanmu.

Aku pernah tahu perempuan itu, sebab kuhafalkan wajahnya dalam ingatanku. Kulitnya hitam manis, seorang mahasiswa kedokteran, muslimah alim yang menjaga kesucian diri dan hatinya, anak yang berprestasi dan aktif dalam berbagai organisasi.

Tidak bisa tidak, aku sedikit banyak membandingkan diriku dengannya. Mungkin karena kami sama-sama mengharapkanmu. Sama-sama melafalkan namamu dalam doa. Perkara doa siapa yang paling keras, sering dan tulus, itu hanya Tuhan kita yang tahu.

Perempuan yang mencintaimu begitu banyak itu, aku bertemu dengannya tadi. Sehabis menemani teman mencari beberapa keperluan di mall, di tengah jalan yang macet, waktu yang berjalan lebih lama, aku bersinggungan dengannya.

Sedang ada aksi seru untuk Gaza, perempuan itu berdiri di garis paling depan. Wajahnya meneduhkan sungguh, aku suka melihatnya lama-lama. Dia berjalan ke arahku, menyodorkan kardus donasi untuk Gaza. Aku buru-buru merogoh kantong motor mencari beberapa lembar uang yang bisa langsung ku masukkan ke kardus. Perempuan itu tersenyum. Aku membalas senyumnya dibalik kaca helmku yang hitam. Perempuan itu lalu bergegas pergi kembali ke barisannya.

Perempuan baik itu, jilbabnya dua lapis, bajunya longgar yang anggun serta yang ku tau secara tidak sengaja: hafalan qur’an nya jauh lebih banyak: dibandingku.  

Hingga, kalau nanti, setelah semua doaku kepada Tuhan (setelah semua doanya jua kepada Tuhan) dan ternyata kau berjodoh dengan perempuan itu, aku sudah paham alasan Tuhan kita apa. Yang jelasnya Allah kita Maha Adil.

Perempuan yang mencintaimu begitu banyak itu (sama sepertiku) telah melepaskan keikhlasanku yang susah.

 

: tapi aku akan tetap berdoa.

Advertisements

7 thoughts on “Perempuan Itu yang Mencintaimu Begitu Banyak, Sama Sepertiku…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s