Dari Balik Jendela


 

Perasaan bersalah secara resmi ku rasakan hari ini. Untukmu, untuk cita-citaku yang menunggu dijemput tapi tidak kuasa menahan kelalaian. Cita-cita itu jadi berasa jauh sekali, seperti pemandangan indah yang hanya bisa dinikmati dari balik jendela.

Dua tahun yang lalu, di alun-alun Fort Rotterdam Makassar, pernah ada janji yang ku tanam untuk diriku sendiri. Bahwa, di ajang MIWF (Makassar International Writer Festival) 2016, namaku sudah harus terpampang sebagai penulis baru. Janji yang kalau ditakar sekarang, sudah kadaluarsa.

Yeah, menjadi penulis sudah dari saban hari ingin ku wujudkan. Blog ini adapun, sedikit banyak adalah upaya kesana. Sayangnya, tidak pernah benar-benar serius ku geluti cita-citaku ini.

Apa aku tidak tahu cara menujunya? Tidak begitu rasanya. Aku tahu persis caranya. Aku aware jalannya akan sangat panjang. No shortcut. Tidak akan mudah. Tidak akan sekali sampai.

Seminar-seminar kepenulisan ku ikuti, aku berusaha membaca beragam buku, tapi memang tidak maksimal. Informasi lomba menulis hanya ku biarkan lewat hilir mudik di beranda facebook. Kadang disimpan, tapi lebih sering terlupakan. Deadline-deadline rutin menulis juga ku langkahi. Kelas-kelas menulis yang ku ikuti, tugas-tugas yang ku kumpulkan sering tiba terlambat. Duh gusti Allah.

Takutkah aku sebenarnya? Takut gagal, takut ditolak, takut karya tidak berkualitas? Tidak juga sepertinya. More or less, kerja keras, pengorbanan, kesabaran, keberanian untuk mengambil pilihan sudah ku lalui. Bukan berarti aku sudah sabar, sudah kokoh. Maksudku, aku bisa untuk itu dan aku juga mau berjuang.

Lantas, apa yang aku tunggu? Menunggu seseorang yang akan membantu berjuang bersama? Untuk saat ini, itu tidak realistis. Aku harus mandiri, dan menggantungkan tekad dijantung pengharapanku sendiri.

Terus masalahku apa?

Hening sendiri..

Ams, kamu terlalu banyak bertanya, dan beralasan. Akui saja kamu itu pemalas, tukang ingkar janji, tidak bisa diandalkan. Kamu itu, huh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s