Fijne Verjaardag


 

Selamat ulang tahun, kamu.

Sebuah ucapan yang terlalu cepat tiba. Sengaja ku pilih hari yang sama sekali tidak ada kaitannya denganmu, tanggal dan bulan yang juga tidak mewakili apa-apa tentangmu.

Itu.. biar.. kamu tidak perlu merasa tidak enak terhadap apapun yang ku tuliskan disini. Aku tahu kau sudah terlalu sering merasa begah untuk ingatan-ingatan yang tetap ku perkuat disini. Aku tahu, seandainya kau bisa, kau akan membongkar kalimat-kalimat yang selalu ditujukan untukmu, dan menyusunnya kembali menjadi subject – verb – object baru, yang tidak bisa ku sangkut pautkan dengamu.

Juga.. agar.. perempuan itu tidak usah merasa cemburu. Aku dan dia sama-sama perempuan kau tahu, jadi sedikit banyak aku bisa mengerti dia akan sangat gelisah, marah, kalau tahu perempuan lainnya masih me…. [menghela napas]

Jadi, selamat ulang tahun kamu.

Aku ingat dulu, betapa ucapan selamat ulang tahun sangat tidak penting untukmu. Sepertinya sampai sekarang juga yah? Hihihi. Aku ingat betapa cemberutnya aku yang hari itu sudah susah payah beli kartu indosat – daftar paket gratisan nelpon – nunggu waktu yang tepat biar tidak mengganggu jadwal kuliahmu, tapi ujung-ujungnya setelah banyak panggilan tak terjawab baru kamu muncul dengan satu pesan pendek.

“Tadi kenapa pisang epe-ku nelpon banyak kali? Ada yang penting?”

“Cuma mau ucapkan selamat ulang tahun langsung buat coto-ku, tapi sepertinya sibuk sekali -,-”

“Oh, saya kira apa deh. Ituji pale. Hahaha.”

Terus kalau tidak salah, lanjutan pesan itu adalah saya ngambek. Dan pesan kamu lalu datang dengan penjelasan panjang tentang: umur tidak seharusnya dirayakan, sebab ulang tahun adalah momen usia dipangkas, menjadi semakin dekat dengan kematian. Jadi seharusnya kita bersedih, karena masa-masa kita bersama akan semakin berkurang. Namun katamu, walau begitu, bersama atau tidak bersamapun, kau akan selalu mencintaiku.

Penutup pesan itu, yang membuatku melupakan kesalku, dan akupun senyum seketika.

That was how we deal with discrepancy between us. I might agree with something that you did not even notice. Or very often, you lead me to understand things better, broaden my little box horizon. But we did it together, with laugh, that is why it was so enchanted being with you.

Eh, at the very end sooo~, still, a very happy birthday comes for you, and some prayer followed. You might said the exact same words again now. But a very early birthday wishes is on its way looking for you. May you live extremely happy and health every day. Hope the love of Allah, your parents, your brothers and people around you stay stick with you.

 

Fijne verjaardag, minne.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s