Bagian Mana dari Perasaan Ini yang Kau Inginkan


Fiksi Ramadhan. Day 23.

Bagian mana dari perasaan ini yang kau ingin coba dalami. Kau sebagai orang yang pergi meninggalkan ataukah kau yang ditinggalkan yang memandang dari kejauhan?

Aku sudah mengalami keduanya: ditinggalkan dan meninggalkan.

Ditinggalkan membuat kamu merasakan kesabaran. Hatimu harus lapang. Tempat kosong yang dulu berpenghuni, bisa tetap kau diamkan atau kau bersihkan, merenovasinya, untuk kau berikan kepada yang lain. Itu tergantung pilihanmu. Kamu juga boleh menangis sewaktu-waktu karena perasaan kehilangan, itu manusiawi. Yang ku sarankan untuk tidak kamu lakukan adalah mengharapkan yang dulu pergi akan kembali. Harapan seperti itu, adalah awal mula dari kekecewaan yang mendalam.

Sedang,

Meninggalkan memaksa kamu untuk kuat. Yah kamu yang memutuskan untuk pergi, berarti di tempat baru yang kau tuju nanti, kamu harus berbahagia. Harus bahagia. Kamu boleh menjadi orang baru yang benar-benar berbeda dari kamu yang dulu. Itu hakmu. Yang ku harap tidak kau lakukan adalah menyesali keputusanmu untuk pergi. Ada banyak hal yang tidak bisa kau prediksi di tempat yang baru, tapi sekalipun, kamu tidak boleh menyerah. Kamu sudah terlanjur melangkah, carilah hal-hal baik yang bisa menemani perjalananmu.

Diposisi mana pun kau sekarang, kaukah orang yang pergi atau orang yang tinggal, hidup harus tetap berjalan kan? Tanpa ada dia disisimu, atau tanpa ada kamu disisinya, kamu harus tetap memberi ruang kepada cinta untuk hadir mewarnai hari-harimu, kembali.

*****************************************

Tulisan ini diikutkan dalam tantangan kelas menulis Sigi Makassar #SigiMenulisRamadhan. Baca tulisan teman lain di:

Advertisements

One thought on “Bagian Mana dari Perasaan Ini yang Kau Inginkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s