Awal Juli, Akhir untuk Kemalasan


Jurnal Ramadhan. Day 27. 

Catatan ini seharusnya saya tulis kemarin.

Sabtu, 2 Juli 2016, terjadi perubahan besar-besaran untuk jalur bus di Utrecht. Yah gak papa sih, selain alasan personal, sebenarnya perubahan rute bus ini nyaris gak ada efek buruknya sama sekali.

Bepergian kemana saja di setiap sudut Belanda adalah hal yang mudah. Untuk bepergian antar kota biasanya kita memakai kereta atau trem sedangkan akses dalam kota sendiri biasanya memakai bus.

Hampir semua jalur dijangkau oleh bus. Di dalam kota, bus memang menjadi satu-satunya alat transportasi publik untuk dijadikan acuan kemana-mana (kecuali kamu punya motor, mobil, atau sepeda sendiri). Disini gak ada ojek, becak, atau bentor soalnya 🙂

So, untuk mempermudah segalanya, it is mandatory for you to own this very useful little chip card. Disini namanya ov-chipkaart. Bentuknya kayak seperti ini:

IMG-20160703-WA0003.jpg

Yang biru itu ov-chipkaart anonymous, sedangkan yang kuning itu udah personal. Fungsinya sama, keduanya boleh dipakai, hanya saja kalau kita apply buat yang personal, bisa dapat banyak diskon. Contoh: bisa dapat diskon 40% naik kereta kemana aja every and all day.

Cara makai ov-chipkaart ini gampang banget. Tap sekali saat masuk ke bus (check in) lalu tap sekali lagi saat keluar bus (check out). Aturan yang sama juga berlaku saat naik kereta dan trem. Check in di train station awal terus nanti pas sampe di train station tujuan, nge-tap lagi buat check out. Tempat buat nge-tap nya gampang dikenali kok, selalu ada logo OV nya soalnya. Seperti dibawah ini:

4694_fullimage_ov chipcard automaat metro_560x350
sumber gambar: google.com

Setelah punya ov-chipkaart, yang wajib berikutnya untuk dilakukan adalah mengunduh aplikasi 9292 di google play. Ini sumpah, penting banget. 9292 ibaratnya detak jantung untuk segala urusan per-bus/trem/kereta-an. Dengan 9292, kita bisa lihat alternatif rute yang tersedia, rute tercepat dan/atau termurah yang mana, bus/kereta apa yang harus dicari, mulai dan berhenti di bus stop mana, dan keluar duit berapa. Untuk travel schedule, 9292 itu tergolong 95% akurat. Perubahan jadwal dadakan juga otomatis terupdate.

See? 9292 juga dilengkapi google map. Jadi pas jalan aja dapat arah harus kemana-mananya. Pokoknya 9292 mengantar anda sampai ke tujuan. Hahaha.

Oh iya, soal perubahan rute bus di Utrecht tadi, saya cukup bersedih. Soalnya rute dari rumah ke kampus berubah jauh. huhuhu. Selama ini saya cukup nyaman dengan bus no 30 tujuan Uithouf yang jarak aksesnya lumayan dekat dari rumah. Jadi biasanya, kalau lagi mager (dan lumayan sering sebenarnya) dari rumah saya naik sepeda, sekitar 7 menit, terus lanjut naik bus. Sepedanya yah di parkir di halte bus Themsdreef, tempat saya nyambung bus ini. Nah selama ini, cara ini cukup efektif karena saya tidak harus ngos-ngosan sepeda 30 menit di kampus, dan kalau di bus, saya punya additional time buat reading. Berhubung sekarang jadwalnya berubah, strategi ini tidak bisa saya terapkan lagi. Dengan rute yang baru, ongkosnya lebih mahal dan lebih jauh. Sepertinya ini kode dari alam untuk menghilangkan kemageran saya dan ikut health life style nya orang sini, bike everywhere.

Bye-bye mager. Saatnya penghematan. -_-

*****************************************

Tulisan ini diikutkan dalam tantangan kelas menulis Sigi Makassar #SigiMenulisRamadhan. Baca tulisan teman lain di:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s