Langit Penutup Ramadhan


Jurnal Ramadhan. Day 30.

Telah beranjak Ramadhan pergi, jejak-jejak kakinya pun sudah tersapu angin, hilang. Meski begitu aku harus tetap menulis jurnal ini, bahkan saat Hari Raya Idul Fitri pun telah lewat sehari. Yah, aku memulai tantangan menulis ramadhan ini dengan antusias, maka sudah sepatutnya aku juga mengakhirinya dengan baik.

Terimakasih ya Allah untuk segala yang kau beri di Ramadhan kali ini. Walau tidak ribut gemanya, namun suara-suara takbir mu tetap kami kumandangkan sepenuh hati. Sehabis buka puasa terakhir, rumah kami bersihkan, mushola kami dekorasi, untuk menyambut gemerlap hari raya di hati kami masing-masing.

Mushola kami kecil. Tapi kata ustad yang jadi khatib ied fitri, Engkau akan memandangnya sebagai tempat berhimpun yang lapang, tempat dimana jabat tangan menjadi jembatan untuk menggugurkan dosa-dosa kepada sesama manusia. Sedang dosa kepadaMu, kami sudah mencoba memintanya di 30 hari Ramadhan ini. Semoga Engkau memberi pengampunan.

Ramadhan ini aku tidak menciumi tangan ibuku, ayahku. Tapi sudah ku sampaikan penyesalanku tidak menjadi anak yang cukup berbakti untuk mereka berdua. Dari jauh aku tau mereka sudah memberikan pemakluman, bahkan sejak lama.

Terimakasih ya allah karena Engkau memberi pengganti keluarga disini, tuan rumah yang baik sekali sudah menganggap orang-orang yang bertamu di rumahnya sebagai saudaranya sendiri.

Terimakasih pula untuk penutup terbaik Ramadhan tahun ini: langit yang biru, nila dan ungu.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin wal faidzin. Maaf lahir batin.

****************************

Tulisan ini diikutkan dalam tantangan kelas menulis Sigi Makassar #SigiMenulisRamadhan. Baca tulisan teman lain di:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s