Bertanya Kepantasan


“Jadi Ma, konsep kepantasan sebelum pernikahan itu seperti ini. Misal yah Teteh mau berangkat haji. Teteh juga sementara dalam proses untuk mengumpulkan tabungan. Nah dalam hati Teteh sudah sampaikan ke Allah lewat doa: Ya Allah saya berniat haji ya Allah, saya mau berangkat haji. Tapi tidak cuma itu, Teteh juga harus berusaha untuk bisa naik haji. Caranya yah dengan nabung. Alhamdulillah tabungan terkumpul sedikit-sedikit. Selain itu yang paling penting adalah memantaskan diri, bersikap seolah-olah kita sudah haji. Teteh harus belajar ilmu haji, haji mabrur itu superti apa, dan merindukan ampunan Allah di tanah haram nanti.

Pernikahan juga seperti itu. Kalau Rahmah sudah merasa mampu menikah, siap menikah, sampaikan ke Allah: Ya Allah saya berniat menikah. Setelah itu Rahmah ikhtiar, dengan cara tadi, memantaskan diri. Contohnya: belajar ilmu pernikahan, memperdalam ilmu agama, bersikap keistrian dan keibuan. Seolah-olah menjadi istri dan ibu, dalam hal ini yah menjaga diri. Kalau kita memposisikan diri menjadi seorang istri, berarti jelas kan kita dalam pergaulan tidak akan berlebihan ke lelaki. Kan nanti suami cemburu. Dalam hal ini karena Rahmah masih jomblo, hihi, Allah yang cemburu kalau seandainya Rahmah tidak membuat batasan-batasan dalam bergaul. Kalau untuk sikap keibuan, Rahmah harus semakin banyak mencari-cari ilmu akhirat dan dunia untuk keberkahan keluarga Rahmah nanti. Apalagi untuk anak, kan Ibu madrasah pertama untuk anak, jadi harus tau banyak. Ini menurut pandangan pribadi Teteh yah, kalau kita inginnya dapat suami yang InsyaAllah sholeh.”

Pembicaraan berat yang tiba-tiba saja terjadi di dapur saat aku tanpa sengaja bertanya kepada teteh, “Dulu pas sebelum nikah sama pak P—, teteh gimana?” Hahaha.

Kesimpulan buatku sendiri: InsyaAllah teteh, sedikit demi sedikit 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Bertanya Kepantasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s