Bersahabat dengan Mati


Kalaulah malaikat maut datang hari ini, memberikan peringatan bahwa besok giliranku untuk dijemput, aku takut aku akan disiksa dalam kubur. Saat ini aku tau jawaban siapa Tuhanmu, siapa nabimu, apa agamamu. Lidah dan akalku masih berfungsi dengan baik. Pertanyaan ini sudah ku baca sedari dulu, jadi sampai sekarang aku bisa mengingatnya dengan sempurna. Tetapi, di dalam kubur, aku tidak yakin apa aku bahkan bisa memberi jawaban meski dengan terbata-bata.

Kalaulah malaikat maut menemuiku besok, bukan berarti Tuhan tega kepadaku. Kurang kode apa lagi dari Tuhan? Paman dan iparku tiga bulan yang lalu lebih dulu Dia ambil. Berita meninggalnya ayah, ibu, dan kakak orang-orang disekitarku sudah lebih dari cukup untuk dijadikan peringatan.  Tapi kenapa masih belum ngeh?

Kenapa masih suka telat sholat? Kenapa masih suka cemburu sama kehidupan orang lain? Kenapa tidak berbakti kepada orangtua? Kenapa jarang berzikir? Kenapa individualis? Kenapa sampai kurang berbagi kepada orang lain? Kenapa kurang mengerjakan kebaikan? Kenapa tidak berinvestasi amal jariah? Kenapa belum berikhtiar untuk menikah? Kenapa tidak menghapal quran? Kenapa cuman gara-gara tugas kuliah jadi sering ngeluh? Kenapa susah bersabar? Kenapa cepat berputus asa, berprasangka buruk, tidak bersyukur? Kenapa? Kenapa?

…padahal malaikat maut bisa saja datang esok hari.

😥

 

Advertisements

One thought on “Bersahabat dengan Mati

  1. Bila maut juga sama makhluknya dengan kita (khalaqal mauta wal hayata), dan manusia adalah sesempurna-sempurnanya makhluk (ahsani taqwim), maka sebenarnya kita tidak diperkenankan untuk takut, baik pada kedatangannya, maupun pada dunia yang kita diantarnya kesana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s