2018


Gue sebenarnya udah nulis resolusi-resolusi gue setahun ini dimulai September 2017 kemarin. Dibanding menunggu momen tahun baru, gue lebih memilih meninjau ulang dan memperbarui impian-impian gue di tanggal dan bulan kelahiran gue. Hanya saja pas gue cek-cek ulang tuh list, ternyata kemauan-kemauan gue masih bersifat sangat mundane. Pengen lanjut sekolah lagi, pengen proyek yang gue kerjain lolos kompetisi, pengen nikah, pengen nambah skill ini itu, dan hal-hal lainnya yang gimana yah ngebahasainnya, terlalu lahiriah.

Kenapa yah gue hanya memaknai resolusi sebagai penambahan achievement tidak sebagai perbaikan the current me. Karena sekarang ini gue sadar, kekurangan gue itu naujubileh. Contohnya kek gini, gue pengen lanjut sekolah lagi tapi emang attitude belajar gue udah bener? Apa iya gue pengen sekolah karena gue emang segitunya mencintai ilmu atau karena dengan nambahnya gelar memudahkan gue untuk dapet kerjaan? Juga, emang mental gue udah siap buat nikah? Siapkah gue untuk berkompromisasi dengan partner seumur hidup gue nanti? Siapkah buat banyak mengalah? Bisakah bersabar? Sanggupkah meredam ego pribadi? Mampukah untuk menurunkan ekspektasi? Dan beberapa masalah mental yang lain…

Karena ibaratnya kayak gini: gue gak mungkin dong terus-terusan nambahin aksesoris mobil gue kalau ternyata mobilnya mesinnya rusak, bannya bocor, joknya robek-robek. Buat apa?

Allah memberikan sesuatu kepada hambanya itu berdasarkan kapasitas manusianya kan? Gak mungkin Allah memberi amanah yang besar kepada orang yang pemalas, manage diri sendiri aja gak bisa, bikin prioritas masih kacau, dll. So, I think, it would be better for me if I work to level up the inner me. Memantaskan diri, memperbaiki niat. Sehingga pencapaian-pencapaian duniawi yang sudah dicatat untuk diraih setahun ini akan berfungsi sebagai poin ekstra saja.

Yuk Ams, semangat yak!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s